0
Blogger adalah suatu media Internet yang menyediakan sebuah catatan pribadi yang bisa dilihat oleh semua pengguna Internet dan menjadi sebuah media untuk berbagi informasi dengan mudah dan gratis. 

Selain itu blogger merupakan sebuah ikatan yang terbentuk dari para blogger berdasarkan dengan kesamaan tertentu, misal : kesamaan daerah, kesamaan sekolah, kesamaan hobi, dan kesamaan lainnya. 

Untuk bisa bergabung dengan sebuah komunitas blogger biasanya ada syarat tertentu misalnya berasal dari daerah tertentu. Dan blogger ini bisa diartikan orang yang suka menulis artikel pada blog.

Salah satu kebutuhan psikologis manusia adalah melakukan ekspresi diri. Bentuk dari mengekspresikan diri ini bisa bermacam-macam. Bisa melalui karya seni, tulisan, musik, interaksi sosial, dan sebagainya.

Manfaat ngeblog juga bukan sekedar untuk kita sendiri, karena dari blog kita juga bisa membantu orang lain dengan pengetahuan ataupun ilmu yang kita miliki. Nggak ada hal lain yang lebih menyenangkan dari ngeblog selain bisa membantu sesama.

Dan dengan blog seseorang bisa mengekspresikan dirinya melalui sebuah tulisan. Dengan menulis seseorang dapat mengungkapkan pemikiran, pendapat, opini, uneg-uneg, cerita, dan lain sebagainya.
Blog terus berkembang dengan pesatnya. Para pengguna mencoba memanfaatkan Blog untuk membangun personal branding, menambah kredibilitas diri sebagai pemimpin (tought leader) melalui ide serta inovasi baru, kemudian dimanfaatkan pula sebagai sarana komunikasi masyarakat, pendidikan lewat internet dan masih banyak lagi manfaat lainnya. Dan hingga saat ini Blog dapat dijadikan sebagai media penghasil uang.

Salah satu motivasi yang aku rasa paling banyak mendorong seseorang buat ngeblog adalah mendapatkan penghasilan sampingan. Tapi, sebelum kita bisa benar-benar menciptakan penghasilan melalui blog kita, ada proses dan perjuangan yang perlu kita hadapi.

Hal yang sebenernya tidak begitu penting dilakukan oleh blogger pemula tapi gak ada salahnya kalo dilakukan asal tidak berlebihan.

Sobat bisa mengganti template atau tampilan blog sobat dengan yang lebih bagus, memasang widget-widget agar semakin indah dipandang, dan lain-lain. Tapi ingat! jangan berlebihan karena kebanyakan blogger pemula ketagihan gonta-ganti template atau tampilan yang akhirnya hanya membuang-buang waktu.

Kesimpulan
Belajar ngeblog sebenarnya bukanlah sebuah hal yang sulit selama kita punya kemauan. Kesalahan atau kegagalan adalah hal yang wajar dalam proses belajar, jadi tidak perlu khawatir jika mungkin saat ini sobat belum bisa melihat hasilnya. Yang terpenting tetap konsisten.

Posting Komentar

 
Top